Hell Yeah Pointer 1

BELAJAR ILMU KOMPUTER, Mengapa kita dapat mempelajari ilmu komputer ini sendiri ? Jawabnya adalah karena ilmu komputer merupakan ilmu yang mudah dikuasai. Apa kira-kira penyebabnya dan bagaimana solusinya, baca terus Artikel ini hingga selesai ya

LANGKAH LANGKAH MELAKUKAN PERBAIKAN PERIFERIAL KOMPUTER

LANGKAH – LANGKAH MELAKUKAN PERBAIKAN KOMPUTER

                Untuk melakukan perbaikan komputer perlu dilakukan diagnosa awal kerusakan pada perfrial tersebut. Kemudian menentukan langkah – langkah perbaikan dengan baik, dan melakukan cek ulang fungsi periferial tersebut untuk melihat hasil perbaikan tersebut.
1.       Bagian – bagian dari periferal yang memerlukan pemeriksaan
a.       Keyboard
Ada beberapa kerusakan yang kemungkinan terjadi pada keyboard , yaitu sebagai berikut
1)      Keyboard tidak terdeteksi oleh PC
Kerusakan yang sering terjadi pada keyboard adalah tidak dikenalnya keyboard oeh komputer. Pada saat proses booting tiba – tiba komputer macet dan muncul pesan kesalahan “Keyboard error or no keyboard present”. Pesan tersebut diartikan bahwa pada saan proses booting , komputer tidak mendeteksi adanya keyboard . jika terjadi hal seperti diatas, yang perlu dilakukan adlah sebagai berikut:
(a)    Matikan kembali komputer dan cek apakah kabel keyboard telah tertancap dengan benar ke portnya di CPU.
(b)   Jika perlu lepas dan tancapkan kembali kabe keyboar tersebut untuk meyakinkan bahwa koneksi sudah tepat
(c)    Jika komputer dihidupkan kembali, dan pesan kesalahan masih muncul, kemungkinan pertama adalah keyboardnya yang rusak.
(d)   Coba dengan keyboard yang lain untuk memastikan bahwa kwyboard yang rusak
(e)   Kika dengan mengganti keyboard pesan kesalahan masih tetap muncul berarti bukan keyboard yang rusak tetapi bisa saja port keyboard di matherboad yang rusak.
2)      Masalah kedua terjadi pada tombol keyboard
Kerusakan lain yang sering terjadi pada keyboard adalah tombol keyboard sering macet untuk ditekan, atau tombol keyboard tertekan terus. Hal itu mungkin disebabkan oleh debu yang sudah menumpuk di sela – sela tombol keyboard , sehingga menyebabkan keyboard macet. Untuk mengatasinya, perlu dilakukan pembersihan pada keyboard .
Keyboard dapat dibersihkan dengan menyedot adau menyemprot dengan vacuum cleaner atau dapat memakai kuas. Dan juga dapat dibersihkan degan menggunakan kain lap yang sudah dibasahi dengan cairan pembersih atau alkohol. Ingat bahwa proses pembersihan harus dilakukan pada saat komputer mati dan keyboard di lepas dari portnya.
b.      Mouse
Ada beberapa kerusakan yang sering terjadi pada mouse yaitu :
1.       Mouse tidak terdeteksi oleh PC
Masalah yang sering terjadi pada keyboard adalah mouse tidak dikenal oleh komputer. Pada saat proses booting, komputer memunculkan pesan bahwa windows tidak mendeteksi adanya mouse yang terhubung dengan komputer.
Analisa pertama sehubungan dengan pesan tersebut adalah kabel mouse tidak terhubung dengan baik . untuk melakukan perbaikan prosedur yang dilakukan, yaitu sebagai berikut.
a)      Matikan komputer. Cek apakah kabel terpasang dengan benar. Jika perlu lepaskan dan pasang kembali mouse tersebut untuk meyakinkan koneksinya. Pada saat melepas keyboard , komputer dalam keadaan mati agar tidak terjadi konsleting.
b)      Setelah itu hidupkan kembali komputer . apakah pesan kesalahan masih saja muncul , lakukan analisa selanjutnya.

Analisa kedua adalah kemungkinan rusaknya driver yang terhubung sistem dengan mouse. Untuk itu perlu meladukan pendeteksian ulang driver secara otomatis degnan windows melalui device manager.
Langkah yang dilakukan, yaitu sebagai berikut.

a)      Klik kanan My Computer pada desktop windows
b)      Pilih propertis>>Hardware>>Device Manager.


a)      Klik mouse tersebut dengan menggunakan keyboard dengan bantuan tombol tab.
b)      Hapus drive yang lama dengan menggunakan tombol Remove.
c)       Setelah itu reset ulang komputer .

Jika sambungan dan dreiver mouse sudah bergati tetapi tidak menyala mouse tidak terdeteksi oleh windows, ada kemungkinan mouse rusak . Atau kemudian coba dengan mouse yang lain, apakah masalah tetap seperti itu, berarti port PS/2 nya rusak.

..... jangn lupa komentarnya...



 Terkait :

-Langkah langkah memperbaiki komputer
-Memperbaiki hardware dengan mudah
-Cara memperbaiki leptop sendiri
Share:

No comments:

Post a Comment

ADSENSE

Kenapa Motivasi..?

Jika semangat kerja anda sedang kendor, mungkin anda butuh kata motivasi kerja. Kata motivasi kerja dapat membangkitkan kembali semangat kerja yang sedang menurun.

Mungkin kedengarannya terlalu sederhana, namun motivasi kerja nyatanya memang seringkali didapatkan orang lain lewat kata motivasi kerja yang menginspirasi.

Sudah banyak orang sukses yang memberikan kata motivasi kerja yang seringkali mereka terapkan untuk memotivasi diri mereka sendiri maupun orang lain.